Search This Blog

Wednesday, September 3, 2014

Administrasi Perlengkapan/ Barang



Administrasi Perlengkapan/Barang
1.  Pengertian
Administrasi perlengkapan/barang merupakan kegiatan yang berkenaan dengan pengaturan sarana yang ada di sekolah agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.
 
2.  Tujuan
Tujuan administrasi perlengkapan/barang adalah untuk menyelenggarakan
  • Pengadaan perlengkapan/barang yang di lakukan sesuai kebutuhan
  • Pendayagunaan perlengkapan/barang yang ada sesuai optimal
  • Terpelihara/terawatnya perlengkapan/barang yang ada secara baik
  • Penghapusan perlengkapan/barang yang rusak dan atau hilang
3.  Komponen Administrasi perlengkapan/barang
Komponen administrasi perlengkapan/barang meliputi aktivitas identifikasi kebutuhan, perencanaan, pengadaan, penginvetarisasian, penyimpanan/pemeliharaan, dan penghapusan. Barang yang dikelola meliputi barang yang tidak bergerak, misalnya taman dan bangunan, serta barang yang bergerak, baik yang habis pakai maupun tidak, misalnya perabot, alat kantor, buku, alat peraga praktek media pendidikan, dan administrasi sekolah.
a. Identifikasi Kebutuhan
Identifikasi merupakan aktivitas awal sebelum perencanaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan perlengkapan/barang yang ada, baik dari segi kuantitas (jumlah) maupun kualitas (kondisi). Kegiatan identifikasi dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Hasil identifikasi merupakan dasar dalam perencanaan kebutuhan sarana.
b. Perencanaan
Kegiatan perencanaan di bidang perlengkapan/barang ditekankan pada perencanaan kebutuhan, dan perencanaan biaya keseluruhan untuk pelaksanaan tugas di bidang itu. Dalam menyusun rencana kebutuhan hendaknya diperhatikan barang inventaris pada tahun-tahun sebelumnya (penambahan dan penggantian), tenaga kependidikan yang menggunakannya, serta hal-hal yang berhubungan  dengan perlengkapan/barang sekolah.
Rencana kebutuhan dibuat untuk jangka waktusatu tahun anggaran, yang selanjutnya disusun ke dalam perencanaan biaya yang meliputi biaya-biaya pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, penyaluran, penginvetarisasian, dan penghapusan agar jangan sampai ada kegiatan  yang tertinggal dalam penghitungan  biaya yang diperlukan.
c. Pengadaan
Pengadaan perlengkapan /barang sekolah meliputi buku, alat kantor dan alat pendidikan, perabot, bangunan, dan tanah dilakukan  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.




Administrasi Perlengkapan/Barang
1.  Pengertian
Administrasi perlengkapan/barang merupakan kegiatan yang berkenaan dengan pengaturan sarana yang ada di sekolah agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya.

2.  Tujuan
Tujuan administrasi perlengkapan/barang adalah untuk menyelenggarakan
  • Pengadaan perlengkapan/barang yang di lakukan sesuai kebutuhan
  • Pendayagunaan perlengkapan/barang yang ada sesuai optimal
  • Terpelihara/terawatnya perlengkapan/barang yang ada secara baik
  • Penghapusan perlengkapan/barang yang rusak dan atau hilang
3.  Komponen Administrasi perlengkapan/barang
Komponen administrasi perlengkapan/barang meliputi aktivitas identifikasi kebutuhan, perencanaan, pengadaan, penginvetarisasian, penyimpanan/pemeliharaan, dan penghapusan. Barang yang dikelola meliputi barang yang tidak bergerak, misalnya taman dan bangunan, serta barang yang bergerak, baik yang habis pakai maupun tidak, misalnya perabot, alat kantor, buku, alat peraga praktek media pendidikan, dan administrasi sekolah.

a. Identifikasi Kebutuhan
Identifikasi merupakan aktivitas awal sebelum perencanaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan perlengkapan/barang yang ada, baik dari segi kuantitas (jumlah) maupun kualitas (kondisi). Kegiatan identifikasi dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Hasil identifikasi merupakan dasar dalam perencanaan kebutuhan sarana.

b. Perencanaan
Kegiatan perencanaan di bidang perlengkapan/barang ditekankan pada perencanaan kebutuhan, dan perencanaan biaya keseluruhan untuk pelaksanaan tugas di bidang itu. Dalam menyusun rencana kebutuhan hendaknya diperhatikan barang inventaris pada tahun-tahun sebelumnya (penambahan dan penggantian), tenaga kependidikan yang menggunakannya, serta hal-hal yang berhubungan  dengan perlengkapan/barang sekolah.
Rencana kebutuhan dibuat untuk jangka waktusatu tahun anggaran, yang selanjutnya disusun ke dalam perencanaan biaya yang meliputi biaya-biaya pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, penyaluran, penginvetarisasian, dan penghapusan agar jangan sampai ada kegiatan  yang tertinggal dalam penghitungan  biaya yang diperlukan.

c. Pengadaan
Pengadaan perlengkapan /barang sekolah meliputi buku, alat kantor dan alat pendidikan, perabot, bangunan, dan tanah dilakukan  sesuai dengan ketentuan yang berlaku

No comments:

Post a Comment